Catatan hari ini untuk hari esok, 28 September 2018 saya mengikuti sebuah program dari Facebook bernama Developer Circles regional Yogyakarta, yang dispeaker oleh Hamnah Suhaeri(Software Engineer in Test), Jenice Kartika(Software Engineer - Mobile Apps) dan Anne Regina(Engineer Manager) mereka semua dari perusahaan Bukalapak.

Apa itu DevC Yogyakarta?

DevC Yogyakarta adalah lingkaran pengembang (bukan pengembang perum) yang ada di Yogyakarta, yang bertujuan untuk mendidik, menyediakan sebuah forum untuk berdiskusi, berbagi pengetahuan, pengalaman tentang seputar teknologi.

Gimana ceritanya?

Saya baru pertama kali mengikuti Meetup DevC, saya cukup terlambat mengikuti Meetup DevC ini dikarenakan pertemuan saya ini ternyata udah yang ke-12, dan ternyata saya tidak sendiri, banyak teman-teman yang masih pertama mengikuti Meetup DevC.

Pas pertama berangkat saya bingung untuk mencari lokasi ruangan cinema, dijalan saya mondar-mandir mencari ruangan, tanya dosen kampus ditunjukin, eh.. taunya huehehehehe malah kesasar, terus saya balik kejalan sebelumnya dan berpapasan dengan 2 orang yang ternyata juga bingung cari ruangan cinema, kami cari bareng, dijalan saling nanya dari mana ?, ternyata orang luar kampus, dia nanya balik kesaya, saya jawab “saya dari kampus sini mas”, mungkin mereka percaya klo ngikut saya bakal sampe ruangan padahal saya juga gak tau mau kemana, akhirnya kami nanya orang, dikasih tau lokasi ruangan tersebut.

Nah, nama kedua orang tersebut adalah Yogi dari Madiun dan Mas Aldi dari Solo, pada saat kami menunggu antrian masuk, si yogi nanya ke saya :

Yogi : “dari mana asalnya ?”,
Saya : “Banyuwangi, Jatim”,
terus dia mempersempit pertanyaanya,
Yogi : “Oh, Banyuwangi ya, Sekolah mana dulu ?”,
Saya : “SMKN 1 Banyuwangi”,
Yogi : “Dulu jurusan apa ?”,
Saya : “Rekayasa Perangkat Lunak”,
Yogi : “wah pernah ikut LKS ya mas ?

Ternyata dia dulu satu bidang lomba Web Programming dan masih hafal dengan muka saya, terus dia ngerasa kaya gk asing gitu, muka saya emang mudah dikenalin ya sist, awas klo liat saya susah ngelupainya :P.

setelah itu kami bertiga masuk ke ruang cinema.

Masuk Acara

Acara pertama oleh mba Hamnah yang menerangkan tentang automated test didalam pengembangan mobile app, yang bertujuan untuk memastikan fitur baru tidak menggangu fitur lama, materi kedua oleh mba Jenice membahas tentang AR(Augmented Reality), dan ARQuicklock. dan terakhir ada mba Anne tentang lingkungan, dan para coder di Bukalapak.

Pesan

Mengikuti sebuah kegiatan komunitas itu penting, karena dari situ kita menambah relasi, syang belum kenal jadi kenal yang sudah kenal makin erat, mengembalikan tali silaturahmi seperti teman saya yang padahal saya lupa(sebelumnya tidak ada kontak2an) jadi ketemu kembali, selain itu kita bisa mengevaluasi diri udah sampai mana sih skill kita, misalnya didaerah udah ngerasa ngerti eh ternyata pas kumpul dengan coder lain kita sendiri yang cupu, jadi bisa menambah motivasi untuk terus belajar, dari situ saya menemukan teman2 yang juga seperjuangan belajar bahasa ruby.

Demikian catatan Meetup DevC Yogyakarta #12, makasi udah luangin waktu buat baca.